A good journalist is not the one that writes what people say, but the one that writes what he is supposed to write. #TodorZhivkov

Minggu, 24 April 2011

Refund Mandala Belum Jelas

BANJARMASIN – Pasca penghentian operasional maskapai Mandala Airlines secara resmi terhitung sejak tanggal 13 Januari 2011 lalu, nasib pengembalian uang atau refund kepada penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket hingga kini masih belum menunjukkan titik terang.

Meski maskapai yang tengah dililit utang itu menjamin akan melakukan pengembalian full kepada seluruh pemegang tiket, namun tak kunjung ada kejelasan soal waktu pengembalian.

Hal ini tak pelak membuat para pemegang tiket yang berharap uang mereka kembali kebingungan, termasuk di Kalimantan Selatan.

Seperti diungkapkan Widya, salah satu staf bagian reservasi Berkat Aulia Travel Martapura kemarin, ada puluhan penumpang Mandala Airlines yang sudah terlanjur memesan tiket di tempatnya yang ikut terkena getah dari masalah ini. Bahkan, mereka tak hanya merupakan calon penumpang untuk penerbangan pada bulan Januari, tapi juga ada yang sudah memesan tiket menjelang lebaran pada bulan Agustus nanti.

“Angka pastinya saya kurang tahu karena ada di bagian keuangan, yang jelas ada puluhan. Itu baru di tempat kami, belum lagi di travel lain,” ujarnya.

Namun, dari sekian puluh orang itu, menurutnya sejauh ini baru ada sekitar lima orang yang mengajukan klaim melalui pihaknya. Dijelaskannya, klaim bisa diajukan langsung oleh pemegang tiket kepada maskapai, bisa juga difasilitasi oleh pihak travel.

“Kami sudah mencoba melakukan konfirmasi kepada Mandala. Awalnya mereka bilang refund akan cair dalam dua minggu, kemudian mereka minta waktu lagi sampai 45 hari, dan terakhir katanya menunggu proses hukum selesai,” tuturnya.

Diungkapkannya, Mandala sendiri berjanji akan mengembalikan uang tiket sepenuhnya sesuai dengan harga pembelian tiket.

“Selama ini memang kalau mereka melakukan pembatalan keberangkatan, pasti dibayar full,” katanya.

Tidak ada komentar: